Topik kita kali ini yakni definisi bahasa pemrograman komputer yang perlu diketahui. Komputer adalah alat pengolah data-data elektronik yang dikontrol oleh sekumpulan instruksi yang kemudian dimasukkan ke dalam unit memori utama. Sekumpulan instruksi yang dikenal atau dimengerti oleh komputer dan disusun menurut urutan yang logis ini disebut program.

Definisi Bahasa Pemrograman

bannerlbo

Definisi Bahasa Pemrograman

Bahasa yang dipakai untuk menuliskan atau membuat program itu sendiri dinamakan bahasa pemrograman (Programming Language). Sedangkan kegiatan pembuatan program itu dinamakan pemrograman (programming) dan orang yang melakukannya disebut Pemrogram (Programmer).

Bahasa pemrograman yang dipakai untuk bikin program tentu saja mesti dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman yang langsung bisa dimengerti oleh komputer dinamakan dengan bahasa mesin (machine language).

Dalam komputer digital yang bekerja dengan sinyal-sinyal listrik diskrit merupakan hasil kombinasi dari angka-angka 0 dan 1. Artinya angka 0 menyatakan tak adanya arus atau tegangan sedangkan angka 1 menyatakan adanya arus. Dan tegangan bernilai 0 adalah mati dan 1 adalah hidup. Jadi bahasa mesin pada komputer digital memakai sistem bilangan biner.

Bahasa pemrograman lain yang dipakai ialah bahasa mesin yang memakai kode singkatan perintah yaitu bahasa asembly. Supaya komputer bisa mengerti bahasa asembly dibutuhkan penerjemah ke dalam bahasa mesin yaitu berupa program yang disebut “assembler” . Pemrograman dengan bahasa assembly ini masih cukup sulit dan tak praktis bagi kita. Maka dibutuhkan suatu bahasa yang gampang dimengerti oleh setiap orang.

Banyak ahli yang mencoba mengembangkan suatu bahasa pemrograman yang mendekati bahasa manusia dan tak bergantung pada jenis komputer yang dipakai. Lalu bahasa yang seperti ini dinamakan dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level programming language).

Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi sekarang banyak digunakan seperti : BASIC, TURBO PASCAL, C++, COBOL, JAVA, PROLOG, bahas Pemrogram Visual dan juga bahasa lainnya. Tentunya dengan memakai bahasa tersebut di atas akan selalu diterjemahkan lebih dulu ke dalam bahasa mesin. Hal ini supaya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

bannerlbo
Jenis Penerjemah

Jenis penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin ada dua jenis yaitu iterpreter dan compiler. Perbedaan kedua penerjemah ini adalah:

Interpreter

Perintah atau instruksi dalam program sumber dibaca / diterjemahkan (diinterpretasikan), dan langsung dijalankan baris per baris progam. Jadi tak akan mendapatkan hasil terjemahan program sumber dalam bahasa mesin. Tiap kali program dijalankan atau melihat hasil (run), harus memakai program sumber. Dan karenanya selalu diperlukan interpreter untuk menerjemahkannya.

Dalam artian programmer menulis programnya dengan bahasa tingkat tinggi yang mirip dengan bahasa manusia. Lalu akan diterjemahkan oleh penerjemah interpreter ke dalam bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer.

Compiler

Sedangkan compiler membaca keseluruhan program sumber (Source program). Dan menerjemahkannya jadi satu set lengkap instruksi dalam bahasa mesin, sebelum instruksi-instruksi itu dijalankan. Sesudah proses itu dijalankan maka akan menghasilkan sebuah program objek (Object Program) dan file pendukung lainnya. Di mana hasil ini biasanya disimpan dalam media penyimpanan yang sudah mempunyai nama objek.

Sehingga jika mau menjalankan program tersebut bisa memakai objek yang telah dihasilkannya tanpa memakai program sumber file Aplikasi. Umumnya untuk menjalankan hasil compiler dengan menuliskan nama objek (dalam bentuk file command atau file eksekusi) dengan ekstensi *.Com, *.Exe.

Beda Program dan Algoritma

Program merupakan kumpulan pernyataan computer. Sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program yaitu algoritma. Program ditulis dengan memakai bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program ialah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.

Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)

Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma memiliki hubungan yang sangat erat dengan sebuah program. Di mana algoritma yang baik tanpa melakukan pemilihan struktur data yang tepat maka akan bikin program jadi kurang baik. Begitu juga sebaliknya.

Selain materi Definisi Bahasa Pemrograman, Anda juga bisa belajar Digital Marketing bersama Komunitas SB1M.

Daftar Reseller

Daftar member free lalu upgrade untuk mendapatkan materi digital marketing yang lebih lengkap serta program bisnisnya.

Demikian informasi tentang definisi bahasa pemrograman komputer yang perlu diketahui, semoga postingan ini bermanfaat buat sahabat semua. Tolong postingan pengertian bahasa pemrograman ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Post not found !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *