Pembahasan kita kali ini yaitu pengertian algoritma dalam dunia pemrograman komputerisasi. Perkataan algoritma mempunyai histori tersendiri sebab adanya perubahan kata dari asalnya sampai jadi popular sekarang. Para pembuat program komputer ataupun penggunanya menemukan kata algorism yang artinya proses menghitung dengan angka arab. Pengguna komputer dikatakan algorist bila bisa menghitung dengan memakai angka arab.

Pengertian Algoritma

Algoritma

Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata algorist ini tapi hasilnya masih kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata algorist. Kata tersebut berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Nama Al-Khuwarizmi dibaca oleh orang barat jadi Algorism.

Al-Khuwarizmi menghasilkan sebuah karya fenomenalnya berupa buku yang berjudul “Kitab Al Jabar Wal-Muqabala”. Di mana arti judul kitab tersebut adalah “Buku pemugaran dan pengurangan” dalam bahasa inggris “The book of restoration and reduction”. Dari judul buku karya Al-Khuwarizmi tersebut diperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra).

Perubahan kata algorism jadi algorithm muncul disebabkan kata algorism sering salah artikan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah jadi –thm. Perhitungan dengan angka Arab ini sudah jadi hal yang biasa. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi lambat laun kata algorithm berangsur-angsur digunakan sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum. Sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia sekarang bahkan dalam penggunaannya, kata algorithm diserap jadi algoritma.

Pengertian Algoritma dalam Dunia Pemrograman

Pengertian Algoritma yaitu suatu tahapan logik dari penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Pembuatan dan juga pemakaian algoritma sangat erat hubunganya dengan pembuat progam atau programmer. Karena dalam tahap inilah bisa ditunjukkan bagan secara global permasalahan serta mendeskripsikan berbagai tugas dan fungsi masing-masing bagian yang ada.

Algoritma yaitu hal yang terpenting dilakukan dalam membuat suatu program. Sebab berdasarkan algoritma inilah seorang programmer bisa menerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman (coding). Algoritma merupakan urutan pengerjaan atau penyelesaian suatu masalah secara lengkap dan teratur.

Menurut Donald E. Knuth pengertian algoritma yaitu :

  • Algoritma memiliki awal dan akhir.
  • Tiap langkah mesti didefinisikan dengan tepat sehingga tak mempunyai arti ganda (ambigu).
  • Selalu mempunyai masukan (input) atau kondisi awal.
  • Memiliki luaran (output) atau kondisi akhir.
  • Lalu algoritma juga mesti efektif; jika dipakai benar-benar menyelesaikan persoalan.

Dalam kenyataannya ketika menyelesaikan suatu permasalahan tentu saja sering terjadi pembatasan. Meskipun hal tersebut terkadang terkesan terlalu membatasi. Prakteknya penyelesaian suatu masalah sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan sesuatu. Dan juga tanpa harus mengikuti aturan yang “baku” atau satu aturan saja yang terkesan mengikat. Tapi bila ada yang mau bertindak seperti yang sudah dijelaskan di atas tentu saja bisa diterima. Namun dengan syarat bersifat logis dan hasil luaran yang jelas.

Konteks Algoritma

Dalam berbagai konteks terdapat beberapa definisi algoritma yang berbeda. Salah satunya, pengertian algoritma ialah spesifikasi urutan langkah untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma yaitu :

  1. Algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran sesuai dengan yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tak peduli sebagus apapun algoritma. Jika memberikan hasil keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukan algoritma yang baik.
  2. Memperhatikan hasil yang dicapai. Kita mesti tahu seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. Dan pertimbangan ini merupakan hal yang paling penting. Khususnya pada algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Di mana penyelesaian masalah ini yang membutuhkan aproksimasi atau hasil yang cuma berupa pendekatan. Algoritma yang baik mesti sanggup memberikan hasil sedekat mungkin dengan nilai
  3. Efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma bisa ditinjau dari 2 hal yakni efisiensi waktu dan memori. Walaupun algoritma memberikan keluaran yang benar atau paling mendekati, namun harus menunggu berjam-jam untuk memperolehnya. Algoritma tersebut umumnya tak akan dipakai, tiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu pula dengan memori, makin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.

Dalam kenyataannya, tiap orang bisa bikin suatu algoritma berbeda yng digunakan buat menyelesaikan suatu permasalahan. Meskipun terjadi perbedaan dalam melakukan penyusunan algoritma, namun tentunya keluaran yang diharapkan sama. Bila terjadi demikian, maka carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.

Penulisan Algoritma

Selain pengertian algoritma, ada tiga cara penulisan algoritma yaitu:

  1. Dengan menggunakan bagan atau simbol-simbol tertentu atau sering disebut dengan flowchart.
  2. Dengan menggunakan Pseudo Code artinya algoritma tersebut mirip dengan statemen atau perintah pada bahasa pemrograman yang digunakan.
  3. Dengan menggunakan kalimat sendiri.

Pengertian algoritma lainnya adalah langkah-langkah yang bersifat logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Dalam tahap ini bisa menunjukkan bagan secara global dari permasalahan dan mendeskripsikan berbagai tugas serta fungsi masing-masing bagian tersebut.

Algoritma adalah hal yang terpenting dilakukan dalam membuat suatu program aplikasi. Karena berdasarkan algoritma inilah seorang programmer dapat menerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman sesuai dengan urutannya. Algoritma merupakan gambaran pengerjaan atau penyelesaian suatu masalah tertentu secara lengkap dan teratur.

Selain materi pengertian algoritma, Anda juga bisa belajar Digital Marketing bersama Komunitas SB1M.

Daftar member free lalu upgrade untuk mendapatkan materi digital marketing yang lebih lengkap serta program bisnisnya.

Sekian info berkaitan dengan pengertian algoritma dalam dunia pemrograman komputerisasi, kami harap artikel kali ini mencerahkan Anda. Tolong artikel definisi algoritma ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: